Pengertian Syarat Rukun Puasa Ramadhan 2019

Beribadah itu tentu sangat bernilai dan berharga sekali apabila sudah sesuai dengan ketentuannya, tidak terkecuali untuk syarat sah dan rukun puasa yang memang menjadi prosedur tersendiri yang harus diketahui dan dioerhatikan oleh segenap umat islam, Mengingat hal ini adalah sebuah langkah penting untuk lebih mengabsahkan sebuah amalan ibadah, Apalagi dengan ibadah puasa ramdhan yang hukumnya wajib dilaksanakannya yang mestinya menjadi perhatian penting sebelum melakukan amalan ibadah puasa tersebut.

Selain itu juga syarat sah puasa ini menjadi langkah awal dari penyempurnaan puasa itu sendiri, mengingat puasa ramadhan sangat besar artinya bagi pembentukan karakter sebuah muslim sesuai dengan makna yang hadir dari adanya puasa ramadhan sebagai moment paling tepat untuk meraih pahala yang begitu besar di setiap amalan ibadah puasa itu. Sesuai dengan itu maka hal yang berkaitan dengan syarat sah puasa itu penting sekali untuk diketahuinya.

Seperti rukun puasa ada berapa ataupun sunnah puasa sebagai jawaban pasti dari banyaknya pertanyaan tentang sebutkan rukun puasa ramadhan sekaligus memberikan pengertian rukun puasa. Sehingga keingintahun akan syarat wajib dan syarat sah puasa bisa di pahami sesuai dengan dasar dalil dan keterangannya. Termasuk dari hal hal yang membatalkan puasa, hikmah puasa dan syarat syah puasa itu sendiri. Lalu ada berapa syarat sah yang di maksud? Berikut ulasan pengertian syarat rukun dan pembatalan puasa selengkapnya.

syarat dan rukun puasa


Syarat wajibnya puasa
Islam
Beraka
Sudah baligh
Mengetahui akan wajibnya puasa
Syarat Wajibnya Penunaian Puasa

Syarat wajib penunaian puasa, artinya ketika ia mendapati waktu tertentu, maka ia dikenakan kewajiban puasa. Syarat yang dimaksud adalah

Sehat, tidak dalam keadaan sakit
Menetap, tidak dalam keadaan bersafar.
Suci dari haidh dan nifas.

Syarat sahnya puasa
Dalam keadaan suci dari haidh dan nifas. Syarat ini adalah syarat terkena kewajiban puasa dan sekaligus syarat sahnya puasa.

Berniat. Niat merupakan syarat sah puasa karena puasa adalah ibadah sedangkan ibadah tidaklah sah kecuali dengan niat

Syarat Syah Puasa
Islam (tidak murtad)
Mummayiz (dapat membedakan yang baik dan yang buruk)
Suci dari haid dan nifas
Mengetahui waktu diterimanya puasa

Rukun Puasa
Niat
Meninggalkan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari

Dengan mengetahui hal-hal penting yang berhubungan langsung dengan amalan ibadah puasa tersebut, setidaknya daya maksimal amalan ibadah puasa ramadhan bisa di raih dengan kesempurnaan dengan harapan bisa mendapat nilai yang paling istimewa di sisi Alloh S.W.T sampai datngnya hari perayaan idul fitri tiba.